Mamuju, sebuah perjalanan yang Terbayar!

Menempuh perjalanan darat dari Makassar dan Mamuju (sebuah ibukota propinsi baru yaitu Sulawesi Barat) seperti perjalanan dari Bandung ke Surabaya, berangkat jam 7 malem dari Makassar melewati kota Majene (itu lho daerah yang tempat jatuhnya pesawat Adam Air yang ga pernah ketemu itu), nyaris 50%nya menyusuri pantai, cape banget. Mana bisnya bisa dijejali melebihi kapasitasnya, waktu istirahatnya pun bisa dibilang sebentar banget.

Kota Mamuju ini sendiri bisa dibilang kota yang relatif kecil untuk menjadi sebuah ibukota propinsi, mungkin segede Garut tapi masih lebih sepi lagi, tapi kalo ke arah pelabuhan sih rame. Letaknya persis di pinggi pantai, penduduknya juga ramah dan ada pulau yang cukup eksotis hanya 25 menit perjalanan pake perahu, namanya pulau Karampuang.

Setelah sampe jam 6.30 pagi di mamuju, istirahat dan sebagainya..sorenya ga saya sia-sia-in buat langsung menuju pantai Mamuju yang persis berada di kawasan rumah adat/khas Mamuju buat siap-siap hunting foto (tadinya sih mau survey doang) sunset…dan ternyata…sunsetnya dahsyat!!

Besoknya berangkat menuju kali Mamuju di kawasan tingginya, sebuah sungai yang luar biasa, jernih dan indah (cukup lumayan gede). Kali Mamuju ini memang salah satu tujuan wisata masyarakat sekitarnya dan langsung bermuara di pantai Mamuju. Di sekitar kali Mamuju ini banyak banget pohon duren/durian…hhhhhh…sayang…pas dateng belon saatnya panen, padahal, kata orang sana, kalo lagi panen, itu buah durian banyak dijual di sepanjang jalan menuju sungai mamuju dengan harga perbuah hanya 2.000-5.000 rupiah saja!!!

Dekat lokasi kali Mamuju, naik ke kawasan atasnya ada daerah namanya Kelapa Tujuh, dari sini semua kota Mamuju bisa diliat dari ujung ke ujung termasuk pelabuhan Mamuju dan pulau Karampuang….keren banget!!!!

Yap, sebuah perjalanan melelahkan yang terbayar!!!

  1. kyknya indah banget…jd pengen berkunjung ke sana… ^_^

    • mega
    • September 16th, 2010

    Bagus banget.. nice..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s