Bukit Tunggul – Cibodas Lembang “Keindahan perkebunan yang tersembunyi”

Lokasinya masih belum banyak orang yang tau, padahal akses menuju lokasi ini udah enak banget (itu terakhir saya ke sini ya…:D), udah di aspal dan relatif gampang dan ga bakalan nyasar. Malah jalur ini jadi jalur alternatif dari Ujung Berung Bandung menuju Lembang.

Daerah Lembang Bandung emang udah lama jadi magnet wisata alam di kota Bandung, sejuk dan pastinya indah, udah gitu variatif banget ampe kadang pusing juga mau milih yang mana, bukan berarti ga ada tapinya, kalo udah masuk peak season holiday ato long weekend…hhhh..dijamin rute ini macet berat diserbu para wisatawan domestik yang berlibur…malah ga jarang orang Badnungnya sendiri milih pada diem aja di rumah ato kabur ke lokasi yang lain…dan ini pun berlaku bagi saya.

Setelah survey dan sebagainya, akhirnya ketemulah satu lokasi yang masih jarang dikunjungi dengan trafik menuju lokasi yang memang masih aman dan lancar tapi ga terlalu jauh dari Bandung…ya ada beberapa ruas jalan yang bolong2 juga sih…tapi wajar kan?? di Bandung gitu loh…dan lokasi ini ada dibelakang lokasi wisata Maribaya Lembang, namanya : Bukit Tunggul. Sebuah lokasi perkebunan PTPN VIII yang masih asri, sejuk dan sepi…bagusnya lagi, meski berada diketinggian, ini bukan perkebunan teh, tapi perkebunan kina! Perkebunan ini luas banget malah ampe belakangnya gunung Manglayang, berarti ada diatas wilayah Ujung Berung Bandung.

Kalo waktu survey sih (saat itu belum diaspal dan masih jalan perkebunan yang berbatu), saya sempet terus tembus nyusur jalur perkebunan (ya light offroad dikit) menuju Ujung Berung, masuk dari Lembang keluar dari Cigending dan turun persis di belakang alun2 Ujung Berung Bandung. Pemandangannya kereeennn…dan kita bener2 berada di belakang Gunung Manglayang, sebenernya akses keluar sih bebas milih, bisa keluar dari Cigending, ato bisa keluar dari Palintang…ada beberapa opsi exit yang tersedia, asal kendaraannya aja memadai.

Perkebunan ini emang bersiap juga buat jadi tujuan wisata para wisatawan yang emang nyari suasana yang sejuk tapi ga crowded, selain tempatnya emang nyaman, kita bisa nongkrong2 di saung sekitar air terjun ato malah di situ (danau kecil) yang ada di lokasi ini (saat itu danaunya sih belom jadi). Dari lokasi air terjun udah ada track yang disediain buat langsung menuju situnya dengan jalan kaki, bagi penggemar hiking sih seru juga tuh..

Layaknya perkebunan2 yang lain, beberapa bangunannya masih asli dan peninggalan jaman dulu, belum lagi kalo pas kabut turun…mantep banget deh! Bagi yang seneng agro wisata, banyak juga tumbuhan2 yang langka dan aneh yang ada di perkebunan ini.

Bagusnya sih kalo jalan dari Bandung mendingan jangan lewat jalan raya biasa (setiabudhi – ledeng), bisa lewat Punclut ato Dago bengkok, yang tembusnya udah deket ke Maribaya, paling lama ampe lokasi kira2 1 jam lah…deket kan dari Bandung?!

Karena lokasi belum banyak banget diekspos, menuju lokasi ini sih ga bakal nemu macet kayanya. Padahal buat para moto-trailer ato para pesepeda yang suka cross country, jalur ini sudah masuk list yang musti dilewatin.

ditempuh pada : 09.2010 (bersamaan denga acara Halal bi Halal komunitas fotografi “Photology Bandung”)

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s