Balada si ‘Cep-Rokie’ (dan sedikit sejarah Taft GT 88)

Daihatsu Taft adalah merk mobil yang dibangun oleh pabrik mobil Daihatsu di Ikeda, Osaka,jepang. Selain dengan nama Daihatsu Taft, mobil ini dipasarkan juga dengan nama Daihatsu Scat atau Daihatsu Wildcat di beberapa Negara.

Taft tetap memiliki kharisma tersendiri sebagai mobil yang tangguh dan mudah dalam hal perawatannya.

Generasi pertama  Daihatsu Taft diproduksi pada tahun 1974 dan diberi kode produksi sebagai Daihatsu Taft F10. Mobil ini dibangun diatas rangka berukuran pendek (Short Wheel Base), dengan mesin bensin dengan kapasitas 1.0L. Transmisinya  4-kecepatan yang dilengkapi dengan transfer case 2-range.  Sedangkan model yang ditawarkan Daihatsu F10 versi Softop dan Hardtop.

Pada sekitar tahun  1977, F10 diganti dengan seri Daihatsu Taft F20. Tetap dengan rangka pendek (Short Wheel Base) namun  menggunakan mesin bensin dengan kapasitas lebih besar yaitu mesin dengan kode 12R, yang memiliki kapasitas  1.6L.

Pada saat yang bersamaan, diperkenalkan pula Daihatsu F50. Berbeda dengan versi sebelumnya, walaupun masih menggunakan rangka pendek (Short Wheel Base),  F50 tidak lagi menggunakan mesin bensin, melainkan mesin diesel dengan kode DG berkapasitas 2.5L.  F20 dan F50 juga menggunakan transmisi yang lebih sempurna dari generasi sebelumnya. Kedua model ini dipasarkan dengan versi Softop dan Hardtop.

Pada tahun 1979, diperkenalkan Daihatsu Taft Pick Up (di Australia dan beberapa Negara lain disebut sebagai Ute/trayback). Untuk F20,  versi pick up diberi kode produksi Daihatsu Taft F25. Sedangkan untuk F50, diberi kode produksi Daihatsu Taft F55.

Tahun 1983, diperkenalkan  versi mewah (Deluxe Version)  dari  F20/F25 yang mengunakan gearbox 5-kecepatan. Dan F50/F55 diganti dengan model Daihatsu Taft F60 / Daihatsu Taft F65 yang lebih mewah serta menggunakan mesin diesel dengan kapasitas yang lebih besar lagi yaitu seri DL 2.8L, dengan optional 5-speed gearbox.

Pada tahun 1984, Daihatus Taft / Daihatsu Scat generasi pertama dihentikan produksinya dan digantikan dengan Daihatsu Fourtrak (di Australia disebut sebagai Daihatsu Rocky) yang diberi kode produksi sebagai Daihatsu F70.  Di Indonesia, Daihatsu Fourtrak dipasarkan sebagai Daihatsu Taft GT sejak tahun 1985.

Generasi pertama  Daihatsu Taft diproduksi pada tahun 1974 dan diberi kode produksi sebagai Daihatsu Taft F10. Kehadiran Daihatsu Taft di Indonesia diawali oleh  seri F10 bermesin bensin ini, itupun hanya dalam jumlah terbatas dan untuk kepentingan pemerintah, yaitu digunakan sebaga kendaraan operasional militer dan pemerintahan

Ketenaran mobil ini di kalangan sipil baru dimulai setelah Daihatsu memasarkan Seri F50 yang menggunakan mesin Diesel. Daihatsu Taft F50 ini nanti di kalangan para penggunanya biasa disebut sebagai Taft Kebo. Pada tahun 1985,seri F50 dihentikan produksinya dan digantikan dengan Daihatsu Taft generasi kedua dengan berbagai model yaitu :
•    Daihatsu Taft  F70, yang di Indonesia dipasarkan dengan nama Daihatsu Taft GT
•    Daihatsu F75 Rocky.  Berbeda dengan seri sebelumnya, F75 menggunakan rangka berukuran sedang (Medium Wheel Base). Mobil ini dipasarkan dengan menggunakan bodi yang  yang dilengkapi atap belakang fiberglass, dan penggerak 4×4.
•    Daihatsu Taft  F69 Hiline. Khusus untuk seri ini, diproduksi dengan berbagai macam rangka yaitu : rangka pendek (Short Wheel Base),rangka sedang (Medium Wheel Base) dan rangka panjang (Long Wheel Base) yang seluruhnya hanya menggunakan system pengerak  4×2.   Jika ada  F69 berpenggerak 4×4, pasti merupakan optional ataupun pesanan khusus.

Produksi dan pemasaran Daihatsu Taft generasi kedua di Indonesia ini dihentikan pada tahun  1995. Sejak dipasarkan pertama kali pada tahun 1985 hingga berakhir pada tahun 1995, tidak banyak inovasi yang dilakukan pada mobil ini. Mesinnya tetap mengandalkan seri DL41 dan DL42, dengan dua jenis gearbox yaitu 4 dan 5 percepatan. Kondisi ini ternyata tidak menjadi masalah karena Daihatsu Taft generasi kedua  terkenal irit bahan bakar,tangguhan dan mudah dirawat.

Daihatsu Taft F70 terbukti sebagai mobil yang mampu mengatasi berbagai jenis kondisi alam di Indonesia. Mobil ini juga tidak “cengeng” karena dapat mengatasi masalah bahan bakar berkualitas rendah. Sejak kemunculannya pada 1985, Taft GT menjadi primadona baru bagi penggemar off-road dan pekerja di pertambangan.

Diluar itu semua, ga ada yang sempurna selama emang ciptaan manusia, tapi diluar kelemahan-kelemahannya, kaya bodi yang tipis dan rentan karat, sinkromes pada gearboks yang suka bikin gigi loncat ke posisi netral, dan beberapa kelemahan lainnya, “Cep Rokie” nama yang saya kasih buat Taft GT th 88 punya saya ini, udah setia banget ngiringin perjalanan2 saya, ampe malah terkesan udah disiksa…hehehe…hanya saja pernah kejadian, sempet rada lama emang jarang dipake dan sekalinya dipake, malah mulai banyak terasa…kesel kali ya ga pernah diajak jalan lagi…😀

    • rony
    • December 26th, 2011

    mantaft .. Taft.. salam Tafter indonesia

    • Ujang Bengkulu
    • January 14th, 2012

    Salam Tafter dr Penggemar Taft di Bengkulu

    Mobil Saya Taft 4×4 th 88

    • sandy
    • March 25th, 2012

    koreksi dikit ya, tipisnya taft itu untuk ukuran jip, tebelnya sama dengan sedan eropa sekarang, malah untuk tulang deket radiatornya tebel banget kok🙂

    • han
    • February 27th, 2013

    mantab yaa, sy pake yg thn 1986

    • Rosandi
    • February 4th, 2014

    Taft GT memang shiip…. Tunggangan sy F69 Hiline, selama gak masuk lumpur lumayan tangguh, 4×2 broo….

    • adi
    • September 9th, 2014

    taft emg ok punya saya f70 tangguh no road no prablem

    • asepa
    • December 21st, 2015

    Sy punya rocky 1991

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s